Politik pendidikan: konsep dan praktik kebijakan pendidikan di Indonesia

Tamin AR, Zaini and Purnamasari, Nia Indah and Adityawati, Ika Agustin and Mo'tasim, Mo'tasim and Alim, Zainal and Chasanah, Anif Nur and Abdullah, Abdullah and Ismail, Moh and Nasucha, Juli Amaliya (2018) Politik pendidikan: konsep dan praktik kebijakan pendidikan di Indonesia. Dwiputra Pustaka Jaya Sidoarjo. ISBN 978-602-6604-39-2

[thumbnail of Zaini Tamin AR dkk_Politik Pendidikan.pdf] Text
Zaini Tamin AR dkk_Politik Pendidikan.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan tidak pernah lepas dari kekuasaan. Kalimat inilah yang sering ditegaskan Paulo Freire. Menurutnya, segala kebijakan politik sangat menentukan arah pembinaan dan pengembangan pendidikan. Politik dan kekuasaan mampu menjadi wahana bagi ekspektasi publik akan sebuah sistem pendidikan yang baik. Dengan “tesis” Freire tersebut, maka dapat kita dapat mengasumsikan bahwa negara yang politik pendidikannya buruk, kinerja pendidikannya pun juga buruk. Sebaliknya, negara yang politik pendidikannya baik, kinerja pendidikannya pun juga baik. Pertanyaannya adalah bagaimanakah politik pendidikan di Indonesia? Pertanyaan yang kera dilontarkan, namun sulit menemukan jawaban.Realitasnya memang pendidikan di Indonesia tidak bisa terlepas dari knowledge and powerm (pengetahuan dan kuasa). Pengetahuan yang dapat diperoleh melalui pendidikan dan kuasa yang diemban oleh pemerintahm untuk mengatur dan menentukan perkembangan peradaban Indonesia. Dengan kata lain,transfer pengetahuan, nilai dan kebudayaanmenjadi tanggung jawab pemerintah yang harus direalisasikan. Dalam perjalanan sejarah, setelah proklamasi kemerdekaan, bangsa Indonesia mengalami berbagai perubahan disegala bidang, termasuk pendidikan. Pemerintah Indonesia segera membentuk dan menunjuk menteri pendidikan, pengajaran dan kebudayaan. Karena perjuangan kemerdekaan belum selesai dan masih terjadi instabilitas, maka tidak mengherankan bila selama orde lama sering terjadi pergantian menteri.

Item Type: Book
Creators:
Creators
Email
NIDN
Tamin AR, Zaini
-
-
Purnamasari, Nia Indah
-
-
Adityawati, Ika Agustin
-
-
Mo'tasim, Mo'tasim
-
-
Alim, Zainal
-
-
Chasanah, Anif Nur
anif_nurch@yahoo.com
-
Abdullah, Abdullah
-
-
Ismail, Moh
-
-
Nasucha, Juli Amaliya
-
-
Contributors:
Contribution
Name
Email
UNSPECIFIED
Rusydiyah, Evi Fatimatur
evi_fatimatur@yahoo.com
Uncontrolled Keywords: Kurikulum 2013; fullday school; UN; ujian Nasional; sertifikasi guru
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021405 Bina' al-Manhaj (Curriculum Design)
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130399 Specialist Studies in Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Samidah Nurmayuni
Date Deposited: 04 Oct 2021 03:33
Last Modified: 04 Oct 2021 03:59
URI: http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/1295

Actions (login required)

View Item
View Item