Pendidik profesional : konsep, strategi, dan aplikasinya dalam peningkatan mutu pendidikan di Indonesia

Mudhofir, Ali (2012) Pendidik profesional : konsep, strategi, dan aplikasinya dalam peningkatan mutu pendidikan di Indonesia. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

[thumbnail of Ali Mudhofir_Pendidik profesional konsep, strategi, dan aplikasinya dalam peningkatan mutu pendidikan di Indonesia.pdf] Text
Ali Mudhofir_Pendidik profesional konsep, strategi, dan aplikasinya dalam peningkatan mutu pendidikan di Indonesia.pdf

Download (3MB)

Abstract

Buku ini berisi 7 bab, pada bab 1 akan diketengahkan tentang konsep dasar profesi yang meliputi pengertian profesionalisme, syarat/prinsip-prinsip profesionalisme, istilah-istilah yang terkait dengan profesi, tingkatan-tingkatan profesi dan urgensi profesionalisme dalam kehidupan manusia. Setelah itu diteruskan dengan bab 2 yang berisi tentang paradigma etika profesi, meliputi: dasar etika, kaitan antara moralitas, norma, perundangan, dan etika, serta kajian tentang makna etika profesi guru. Bab 3 akan membahas tentang apa tanggung jawab profesi guru, apa makna profesionalitas guru, apa standar kualifikasi dan kompetensi yang harus dipenuhi oleh guru, bagaimana bentuk dan sikap profesionalitas guru, dan apa hak-hak dan kewajiban guru ? Bab 4 akan membahas tentang model dan strategi pengembangan profesionalitas guru. Bab 5 akan membahas tentang soft skills, apa itu soft skills, apa urgensi dan manfaatnya bagi guru dan apa isi dari soft skills guru yang seharusnya mereka miliki dalam mengemban misinya. Bab 6 akan membahas tentang Konsep etika kerja, etos kerja dan loyalitas kerja guru, kode etik guru, serta poin-poin kode etik pendidik menurut Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Bab 7 akan membahas tentang organisasi profesi guru, meliputi: eksistensi, misi, fungsi, dan peranan organisasi profesi guru. Selain itu juga tentang bentuk, corak, struktur, kedudukan, dan keanggotaan organisasi profesi guru

Item Type: Book
Creators:
Creators
Email
NIDN
Mudhofir, Ali
mudlofir_ali@yahoo.com
2016116301
Uncontrolled Keywords: Guru; Etika Profesi; Kode Etik; Sertifikasi Guru
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Hary Supriyatno
Date Deposited: 29 Sep 2021 02:24
Last Modified: 29 Sep 2021 02:24
URI: http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/1264

Actions (login required)

View Item
View Item