أغراض الاجتماعية في شعر الامام الشافعي

Juwariyah, Dahlan (2012) أغراض الاجتماعية في شعر الامام الشافعي. [Teaching Resource]

[thumbnail of Juwairiyah Dahlan_ أغراض الاجتماعية في شعر الامام الشافعي.pdf] Text
Juwairiyah Dahlan_ أغراض الاجتماعية في شعر الامام الشافعي.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul "Analisis Sosial Sastra Dalam Syair Imam Syafi'i"membahas tentang sejauh mana peran Imam Syafi'i dalam masyarakat sehingga terkenal dengan sebutan "Madzhab Syafi'i", ajarannya dianut oleh mayoritas masyarakat Indonesia. Jadi, penulis mencari hubungan timbal balik saling mempengaruhi antara pengarang, masyarakat, dan karya sastra. Metode yang digunakan untuk menganalisis adalah metode strukturalisme genetik- ekstrinsik. Berangkat dari latarbelakang tersebut penulis melakukan analisis sosial sastra dalam syi'ir Imam Syafi'i. Di dalam analisis ini ada tiga rumusan masalah yang dibahas, yaitu; bagaimana biografi Imam Syafi;i, apa tujuan sosial sastra menurut para sastrawan, apa pemikiran sosial Imam Syafi'i dalam syi'irnya. Analisis ini penulis lakukan dengan menggunakan metode penelitian pengembangan kepustakaan, yang pengambilan datanya dari sumber-sumber pustaka, data-data yang terkumpul dari berbagai sumber yang membicarakan mengenai tema utama dari analisis ini kemudian dianalisis dengan menggunakan metode berfikir Deduktif, Induktif, dan menggunakan metode pendekatan ilmiah, kemudian disajikan dalam bentuk deskriptif analisis. Setelah berbagai proses atau analisis dilakukan, maka mencapai beberapa kesimpulan dalam penelitian ini bahwa : ( 1 ). Imam Syafi'i adalah ulama yang hidup pada masa Abbasiyyah nama aslinya Abu 'abdillah Muhammad bin Idris bin Abbas. Nasab beliau bertemu dengan Nabi pada kakeknya Abdul Manaf. Beliau hijrah dari Palestina tempat lahirnya ke Makkah pada umur 2 tahun, disana beliau menghafal AI-Qur'an dan mempelajari bahasa dan sastra selama dua tahun sehingga beliau fasih dalam berbahasa Arab, disamping itu beliau bergaul dengan kaum yang pandai berbahasa Arab. Imam Syafi'i tidak membuat buku khusus bahasa dan Sastra Arab, tetapi tidak diragukan kefasihannya. (2). Yang dimaksud sosial sastra adalah para pengkritik, sejarawan dan orang-orang yang memperhatikan hubungan antara pengarang dan strata sosial, pengarang dan hasil karya sastranya, pembaca dan pengaruh karya sastra. Sedangkan analisis sosial sastra adalah analisis yang diarahkan pada syi'ir dengan metode Strukturalisme Genetik yaitu metode dialek yang membahas tentang susunan masyarakat yang ada dalam sebuah karya sastra. (3). Adapun syi'ir Imam Syafi'i adalah sebagai sarana dakwah untuk memperbaiki akhlak seperti kebaikan ketakwaan, dan petunjuk. Ummat yang dimaksud oleh Imam Syafi'i adalah mereka yang dapat mejadi ummat beragama, adil, dan berperilaku baik.

Item Type: Teaching Resource
Creators:
Creators
Email
NIDN
Juwariyah, Dahlan
juwairiyahdahlan@yahoo.com
2029085401
Uncontrolled Keywords: Sastra sosial; biografi Islam
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2005 Literary Studies > 200527 Arabic Literature (al-Adab al-‘Arabī) > 20052705 Naqd al-Adab (Arabic Literary Criticism) - al-Syi'r (Poetry)
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2005 Literary Studies > 200527 Arabic Literature (al-Adab al-‘Arabī) > 20052712 Tarikh al-Adab (History of Arabic Literature) - al-Adab al-Mu'ashir (Modern)
Divisions: Karya Ilmiah > Buku Ajar
Depositing User: Nurul Hidayah
Date Deposited: 10 Sep 2021 05:20
Last Modified: 10 Sep 2021 05:20
URI: http://repository.uinsby.ac.id/id/eprint/935

Actions (login required)

View Item
View Item