Peran organisasi Islam moderat dalam menangkal ekstremisme kekerasan: studi kasus Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah

Hamdi, Ahmad Zainul and Shofwan, Moh. and Muhammad, Agus (2019) Peran organisasi Islam moderat dalam menangkal ekstremisme kekerasan: studi kasus Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah. Project Report. -. (Unpublished)

[thumbnail of LP Ahmad Zainul Hamdi_Peran organisasi Islam moderat dalam menangkal ekstremisme kekerasan.pdf] Text
LP Ahmad Zainul Hamdi_Peran organisasi Islam moderat dalam menangkal ekstremisme kekerasan.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian yang mengangkat tema peran Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah dalam menangkal gerakan ekstremisme-kekerasan ini berangkat dari sikap positif bahwa arus utama Islam Indonesia adalah Islam wastahiyah (moderat). Berbagai kasus intoleransi dan kekerasan agama hanyalah percikan api yang sekalipun membahayakan kemanusiaan dan ke-Indonesia-an, namun sama sekali tidak mencerminkan wajah ramah Islam Indonesia yang direpresentasikan oleh dua organisasi ke-Islam-an besar di Indonesia: Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dukungan apa yang dibutuhkan NU dan Muhammadiyah dalam meneguhkan dirinya sebagai organisasi Islam moderat dalam memperkuat moderasi ke-Islam-an di Indonesia dalam konteks menguatnya pengaruh kelompok-kelompok Islam intoleran-radikal di masyarakat. Lebih dari 100 orang pengurus dan aktivis Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah mulai pusat

Item Type: Monograph (Project Report)
Creators:
Creators
Email
NIDN
Hamdi, Ahmad Zainul
ahmadinung@uinsby.ac.id
2018057203
Shofwan, Moh.
-
-
Muhammad, Agus
-
-
Uncontrolled Keywords: Organisasi Islam moderat; kekerasan
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220402 Comparative Religious Studies
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Prodi Studi Agama Agama
Depositing User: Abdun Nashir
Date Deposited: 05 Sep 2021 05:41
Last Modified: 14 Oct 2021 02:49
URI: http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/828

Actions (login required)

View Item
View Item