Strategi peningkatan kompetensl guru dan sertifikasi dalam mewujudkan guru yang profesional, amanah, dan bermartabat

Asrohah, Hanun (2012) Strategi peningkatan kompetensl guru dan sertifikasi dalam mewujudkan guru yang profesional, amanah, dan bermartabat. JURNAL KEPENDIDIKAN ISLAM, 2 (1). pp. 1-12. ISSN 2088-9305; 2777-0532

[thumbnail of Hanun Asrohah_Strategi peningkatan kompetensl guru dan sertifikasi.pdf] Text
Hanun Asrohah_Strategi peningkatan kompetensl guru dan sertifikasi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (775kB)

Abstract

Sertifikasi guru teiah dijadikan sehagai acuan untuk meningkatkan mutu pendidikan sekaligus meningkatkan mutu dan kesejahteraan guru. Mutu ptndidikan ditentukan oleh heberapa faktor penting, yaitu proses, dukungan lingkungan, sarana dan prasarana. Berkaitan denga faktor proses, guru menjadi faktorutama dalam penciptaan suasana pemheiajaran. Guru dituntut dalam menjalankan tugasnya secara profesional upaya peningkatan kualicas pendidikan tidak mungkin terlaksana dengan baik apabila tidak diharengi dengan upaya peningkatan standar kompetensi guru. Dalam hal mi, yang harus mendapatkan perhatian adalah bagaimana pelaksanaan sertifikasi. Pelaksanaan sertifikasi canpa diimbangi kompetisi akan berubah menjadi lembaga formalisasi profesi guru. Jika guru sudah mendapatkan "sertifikat pendidik" dan mendapatkan tunjangan profesionalitas, bagaimana menyiapkan mekanisme untuk mendorong "kinerja profesional" guru. Tanpa mekanisme ini, "sertifikat pendidik" hanya akan menjadi formalitas bagi profesinalisme guru.

Item Type: Article
Creators:
Creators
Email
NIDN
Asrohah, Hanun
hanunasrohah@uinsby.ac.id
2010046801
Uncontrolled Keywords: Peningkatan kompetensi guru; sertifikasi guru; guru profesional
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Karya Ilmiah > Artikel
Depositing User: Abdun Nashir
Date Deposited: 12 Aug 2021 03:21
Last Modified: 12 Aug 2021 03:21
URI: http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/686

Actions (login required)

View Item
View Item