Faktor yang mempengaruhi kepuasan tinggal pada rusunawa di Kota Surabaya

Ernawati, Rita (2019) Faktor yang mempengaruhi kepuasan tinggal pada rusunawa di Kota Surabaya. EMARA : Indonesian Journal of Architecture, 5 (1). pp. 24-31. ISSN 2460-7878 (p) , 2477-5975 (e)

[thumbnail of Rita Ernawati_Faktor yang mempengaruhi kepuasan tinngal pada rusunawa dikota Surabaya.pdf] Text
Rita Ernawati_Faktor yang mempengaruhi kepuasan tinngal pada rusunawa dikota Surabaya.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Kepuasan terhadap tempat tinggal merupakan hasil dari interaksi karakteristik individual dengan karakteristik fisik rumah yang dihuninya. Karakteristik personal suatu individu memunculkan ekspetasi terhadap tempat tinggal. Faktor yang secara umum mempengaruhi kepuasan terhadap tempat tinggal adalah lokasi, ekonomi, fasilitas, kualitas bangunan dan kehidupan sosial dengan penghuni lain. Rusunawa merupakan bentuk tempat tinggal dengan kompleksitas permasalahan tersendiri. Namun rusunawa juga dianggap mampu memberikan solusi bagi peyediaan perumahan di Indonesia. Untuk menjamin kelayakan dan kenyamanan penghuni, penelitian ini mencoba mengelaborasi faktor yang mempengaruhi kepuasan tinggal di rusunawa. Dengan metode kualitatif, pengumpulan dan analisis dilakukan secara triangulasi untuk menjamin kredibilitas penelitian. Survei dengan kuesioner, observasi, wawancara dan Focus Group Discussion dilakukan untuk menghasilkan data yang beragam agar dapat dianalisis dengan teori dan penelitian terdahulu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor lokasi, ekonomi, teknis bangunan dan kehidupan sosial merupakan faktor yang mempengaruhi kepuasan tinggal. Faktor teknis yang meliputi luas hunian dan pengelolaan bangunan masih perlu ditingkatkan untuk memenuhi kepuasan penghuni.

Item Type: Article
Creators:
Creators
Email
NIDN
Ernawati, Rita
rita_ernawati@uinsby.ac.id
2003088003
Uncontrolled Keywords: Kepuasan tempat tinggal; rusunawa; masyarakat berpenghasilan rendah
Subjects: 12 BUILT ENVIRONMENT AND DESIGN > 1201 Architecture > 120104 Architectural Science and Technology (incl. Acoustics, Lighting, Structure and Ecologically Sustainable Design)
12 BUILT ENVIRONMENT AND DESIGN > 1201 Architecture > 120108 Architecture of Public Structures > 12010899 Public Structures not elsewhere classified
Divisions: Karya Ilmiah > Artikel
Depositing User: Aris Hamidah
Date Deposited: 28 Jul 2021 05:30
Last Modified: 28 Jul 2021 05:45
URI: http://repository.uinsby.ac.id/id/eprint/508

Actions (login required)

View Item
View Item