Optimalisasi fungsi ekologis ruang terbuka hijau publik di Kota Surabaya

Ernawati, Rita (2015) Optimalisasi fungsi ekologis ruang terbuka hijau publik di Kota Surabaya. Emara Indonesian Journal of Architecture, 1 (2). pp. 60-68. ISSN 2460-7878 (p) , 2477-5975 (e)

[thumbnail of Rita Ernawati_Optimalisasi fungsi ekologis ruang terbuka hijau publik di Kota Surabaya.pdf] Text
Rita Ernawati_Optimalisasi fungsi ekologis ruang terbuka hijau publik di Kota Surabaya.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (717kB)

Abstract

Ruang terbuka hijau merupakan elemen penting dalam menciptakan kota yang impresif dan berkualitas dalam mewujudkan kota ekologis. Penetapan proporsi 30% oleh pemerintah merupakan ukuran minimal untuk menjamin keseimbangan pembangunan kota. Kota Surabaya memiliki komitmen penembangan RTH publik yang sangat kuat dalam pembangunan fisik dan pengelolaan RTH. Meskipun secara umum capaian pembangunan RTH di Kota Surabaya sudah tergolong baik, namun perlu dikaji optimalisasi fungsi ekologis RTH. Dengan metode kuantitatif diskriptif, kajian ini menilai RTH publik di Kota Surabaya berdasarkan aspek dominasi ruang hijau dan kualitas (pemeliharaan). Fungsi ekologis RTH memberi kontribusi dalam peningkatan kualitas air tanah, mencegah terjadinya banjir, mengurangi polusi udara, dan pendukung dalam pengaturan iklim mikro. Hasil analisis menunjukkan bahwa secara umum kondisi RTH makam dan taman di Kota Surabaya sudah optimal dalam melaksanakan fungsi ekologis. Upaya peningkatan kualitas RTH publik untuk mengoptimalkan fungsi ekologis harus disinergikan dengan program lain seperti pengembangan biopori, pengelolan, saluran dan sungai, pengelolaan sampah dan pengelolaan RTH privat secara baik dengan melibatkan seluruh stakeholder pembangunan. Melalui pengelolaan RTH yang optimal disetiap wilayah yang merupakan implementasi pembangunan berkelanjutan mampu menciptakan Kota Surabaya yang cerdas, manusiawi dan ekologis.

Item Type: Article
Creators:
Creators
Email
NIDN
Ernawati, Rita
mreeta80@gmail.com
2003088003
Uncontrolled Keywords: Optimalisasi; ruang terbuka hijau; fungsi ekologis
Subjects: 12 BUILT ENVIRONMENT AND DESIGN > 1201 Architecture > 120104 Architectural Science and Technology (incl. Acoustics, Lighting, Structure and Ecologically Sustainable Design)
12 BUILT ENVIRONMENT AND DESIGN > 1201 Architecture > 120108 Architecture of Public Structures > 12010801 Government Buildings
Divisions: Karya Ilmiah > Artikel
Depositing User: Aris Hamidah
Date Deposited: 28 Jul 2021 05:15
Last Modified: 28 Jul 2021 05:46
URI: http://repository.uinsby.ac.id/id/eprint/505

Actions (login required)

View Item
View Item