Rekomendasi pencocokan pasangan berdasarkan kriteria pada Alquran dan Hadis dengan metode K-means Clustering

Yusuf, Ahmad Rekomendasi pencocokan pasangan berdasarkan kriteria pada Alquran dan Hadis dengan metode K-means Clustering. Other thesis, UNSPECIFIED.

[thumbnail of Ahmad Yusuf_Rekomendasi Pencocokan Pasangan Berdasarkan Kriteria Pada Alquran Dan Hadis.pdf] Text
Ahmad Yusuf_Rekomendasi Pencocokan Pasangan Berdasarkan Kriteria Pada Alquran Dan Hadis.pdf

Download (4MB)

Abstract

Berdasarkan hadis pasangan akan dinikahi dari 4 hal yaitu karena hartanya, karena kedudukannya, karena parasnya dan karena agamanya. Pencocokan pasangan secara islami dapat dilakukan dengan variabel-variabel berdasarkan hadis tersebut. Salah satu metode yang dapat dilakukan dalam pencocokan pasangan adalah clustering dengan mengelompokkan data yang memiliki kesamaan dan karakteristik yang mirip. Salah satu teknik yang digunakan dalam clustering adalah dengan menggunakan algoritma K-Means Clustering. Dalam penelitian ini akan dibahas mengenai penggunaan algoritma k-means pada suatu clustering data non-numerik (categorical) dan numerik yaitu dalam pencocokan pasangan. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini meliputi beberapa tahapan. Tahapan pertama adalah pengumpulan data menggunakan survei. Tahapan selanjutnya adalah preprocessing yaitu normalisasi dari data-data yang telah terkumpul. Kemudian tahap perhitungan distance antar- data. Lalu tahapan clustering pada data yang teleh bernilai jarak. Dan diakhiri dengan tahapan ringkasan dari hasil proses-proses tersebut. Uji coba dan evaluasi dilakukan dengan melakukan tuning parameter pada jumlah cluster yang dilakukan pada K-Means Clustering. Dari uji coba tersebut didapatkan bahwa clustering dapat dilakukan pada kasus pencocokan pasangan berdasarkan Alquran dan Hadis dengan parameter jumlah cluster 6. Dari hasil tersebut, kesamaan dan karakterisktik dari masing-masing kelompok pasangan bisa diketahui.

Item Type: Thesis (Other)
Creators:
Creators
Email
NIDN
Yusuf, Ahmad
ahmadyusuf@uinsby.ac.id
2020019001
Uncontrolled Keywords: Pencocokan pasangan; jodoh; clustering; K-Means
Subjects: 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0801 Artificial Intelligence and Image Processing > 080109 Pattern Recognition and Data Mining
Divisions: Karya Ilmiah > Laporan Penelitian
Depositing User: Ahmad Yusuf
Date Deposited: 13 Jul 2021 02:33
Last Modified: 13 Jul 2021 02:33
URI: http://repository.uinsby.ac.id/id/eprint/383

Actions (login required)

View Item
View Item