Monitoring dan evaluasi humas pemerintah dalam penggunaan media sosial untuk memerangi hoaks

Kurniati, Kurniati and Munir, Muhammad and Hamidah, Lilik and Rizky, Annisa Shah (2020) Monitoring dan evaluasi humas pemerintah dalam penggunaan media sosial untuk memerangi hoaks. Jurnal Manajemen Komunikasi, 5 (1). pp. 78-95. ISSN 2548-3242; 2549-0079

[thumbnail of Lilik Hamidah_Monitoring dan Evaluasi humas Pemerintah....pdf] Text
Lilik Hamidah_Monitoring dan Evaluasi humas Pemerintah....pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (395kB)

Abstract

Monitoring dan evaluasi komunikasi merupakan bagian penting dari manajemen komunikasi Humas Pemerintah dalam menyampaikan informasi pada masyarakat. Humas Pemerintah pada dasarnya sebagai manajemen dan supaya organisasi bisa beradaptasi, berubah atau memelihara lingkungan supaya sejalan dengan target tujuan organisasi. Terutama yang berkenaan dengan wabah hoaks yang hingga saat ini geliatnya masih ada. Digunakannya YouTube sebagai salah satu pilihan dan saluran penyampai informasi adalah tepat
mengingat YouTube menduduki peringkat terbanyak di media online Indonesia. Hal ini didukung oleh data baik dari dalam bentuk peneletian literatur maupun survey. Banyaknya pengguna YouTube tidak serta merta berimbas pada salah satu video anti hoaks yang diunggah Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (Ditjen IKP) lewat akun resminya. Fokus dari penelitian ini ingin mengetahui bagaimana proses kerja Ditjen IKP dalam menentukan pemilihan media sosial, dan bagaimana respons masyarakat terhadap pilihan video tersebut. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dan teori sistem, teori sistem memandang bahwa komunikasi yang dilakukan Humas terjadi dalam suatu sistem yang saling berhubungan dan berpengaruh. teknik pengumpulan data dengan melakukan wawancara mendalam terhadap beberapa informan serta teknik youtube analytics. Berdasarkan hasil penelitian, pada dasarnya Ditjen IKP sebagai humas pemerintah telah
melaksanakan sesuai dengan prosedur manajemen komunikasi, tepat menjatuhkan pilihan pada Youtube dan tepat memilih judul yang aktual. Namun dalam implementasinya masih kurang optimal yang disebabkan karena kualitas unggahan yang kurang menarik, sehingga ini berakibat pada minimnya jumlah viewers maupun subscribers yang menjadi kendala terhadap informasi yang ingin disampaikan pada masyarakat.

Item Type: Article
Creators:
Creators
Email
NIDN
Kurniati, Kurniati
UNSPECIFIED
UNSPECIFIED
Munir, Muhammad
UNSPECIFIED
UNSPECIFIED
Hamidah, Lilik
UNSPECIFIED
UNSPECIFIED
Rizky, Annisa Shah
UNSPECIFIED
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Monitoring; evaluasi; humas pemerintah; youtube; hoaks
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1605 Policy and Administration > 160503 Communications and Media Policy
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200102 Communication Technology and Digital Media Studies
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2002 Cultural Studies > 200212 Screen and Media Culture
Divisions: Karya Ilmiah > Artikel
Depositing User: Amira Oribia Wanda Sasmita
Date Deposited: 24 Jun 2021 09:53
Last Modified: 24 Nov 2021 06:54
URI: http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/283

Actions (login required)

View Item
View Item