Problematika Pembelajaran Mata Kuliah Tafsir dan Hadis Tarbawi di Perguruan Tinggi Agama Islam di Surabaya

Thobroni, Ahmad Yusam (2020) Problematika Pembelajaran Mata Kuliah Tafsir dan Hadis Tarbawi di Perguruan Tinggi Agama Islam di Surabaya. Al-HIKMAH: Jurnal Studi Keislaman, 10 (2). pp. 182-196. ISSN p-ISSN: 2088-2556 e-ISSN: 2502-6100

[thumbnail of Ahmad Yusam Thobroni_Problematika Pembelajaran Mata Kuliah Tafsir dan Hadis Tarbawi.pdf] Text
Ahmad Yusam Thobroni_Problematika Pembelajaran Mata Kuliah Tafsir dan Hadis Tarbawi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Secara faktual, kompetensi utama mata kuliah Tafsir dan Hadis Tarbawi tidak dapat dicapai secara maksimal dalam proses pembelajaran. Padahal kompetensi utama tersebut sangat diperlukan bagi sebuah Perguruan Tinggi Agama Islam (PTAI) untuk menciptakan proses pembelajaran yang ideal. Penelitian ini bermaksud menemukan berbagai permasalahan sekaligus solusi dalam pelaksanaan pembelajaran mata kuliah Tafsir dan Hadis Tarbawi di sebuah PTAI di Surabaya. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan didukung data-data berupa angka-angka untuk menjamin diperolehnya pemahaman terhadap realitas lapangan yang utuh. Penulis menemukan bahwa problematika pembelajaran Tafsir dan Hadis Tarbawi sebagai berikut: 1) Ambiguitas tujuan pembelajaran matakuliah Tafsir dan Hadis Tarbawi, 2) Metode pembelajaran matakuliah Tafsir dan Hadis Tarbawi normatif-konvensional, 3) Bahan ajar matakuliah Tafsir dan Hadis Tarbawi tumpang-tindih dengan mata kuliah lain, 4) Penguasaan bahasa Arab lemah, 5) Sarana pembelajaran Tafsir dan Hadis Tarbawi yang kurang memadai, 6) Rendahnya penguasaan mahasiswa terhadap ilmu-ilmu bantu, dan 7) Tafsir dipersepsikan sebagai mata kuliah yang sulit. Dari problem tersebut, penulis merekomendasikan solusi di antaranya; pertama, merevisi tujuan pembelajaran matakuliah Tafsir dan Hadis Tarbawi secara rasional dan tegas; Kedua, penyediaan sarana perpustakaan yang modern, Ketiga, LPM perlu bersinergi dengan Kajur dan Kaprodi dalam mengawal kualitas pembelajaran; Keempat, kesadaran para pengampu matakuliah untuk mengadakan inovasi pembelajaran.

Item Type: Article
Creators:
Creators
Email
NIDN
Thobroni, Ahmad Yusam
ayusamth71@gmail.com
2022077101
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ummi Rodliyah
Date Deposited: 20 Oct 2022 08:21
Last Modified: 20 Oct 2022 08:21
URI: http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/2730

Actions (login required)

View Item
View Item