Strategi Pemasaran Madrasah di Era Kompetisi Global

Huda, Muhammad Nuril (2013) Strategi Pemasaran Madrasah di Era Kompetisi Global. Jurnal Kependidikan Islam, 3 (2): 2. pp. 253-277. ISSN 2088-9305 / 2777-0532

[thumbnail of M. Nuril Huda_Strategi pemasaran madrasah di era kompetisi global.pdf] Text
M. Nuril Huda_Strategi pemasaran madrasah di era kompetisi global.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Salah satu dampak dari gencarnya arus globalisasi adalah munculnya kompetisi di segala bidang, termasuk didalamnya kompetisi di dunia pendidikan. Madrasah sebagai bagian dari sistem pendidikan nasional, secara tidak langsung memiliki posisi, peluang, dan tantangan yang sama untuk masuk dalam pergulatan kompetisi global. Selama ini keberadaan madrasah sering dianggap sebagai lembaga pendidikan pilihan kedua setelah sekolah. Kebanyakan masyarakat lebih menggantungkan harapan akan pendidkan anaknya melalui jalur sekolah. Ketidakmampuan madrasah dalam mengemas kualitas produk, dalam bentuk layanan pendidikan bagi para konsumen (pengguna jasa pendidikan), akan semakin meminggirkan posisi madrasah dari ruang kompetisi. Untuk itu, madrasah perlu didorong agar mampu membangun sistem pemasaran pendidikan secara efektif, sehingga dapat menjadi satuan pendidikan yang unggul dan kompetitif.

Item Type: Article
Creators:
Creators
Email
NIDN
Huda, Muhammad Nuril
real_bjn80@yahoo.com
2027068003
Contributors:
Contribution
Name
Email
Author
UNSPECIFIED
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pemasaran; Madrasah; Kompetisi
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130306 Educational Technology and Computing
Divisions: Karya Ilmiah > Artikel
Depositing User: Muhammad Nuril Huda
Date Deposited: 08 Dec 2020 01:10
Last Modified: 18 Aug 2021 08:10
URI: http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/27

Actions (login required)

View Item
View Item