Ontologi, Epistemologi dan Aksiologi Pendidikan

Chasanah, Uswatun (2009) Ontologi, Epistemologi dan Aksiologi Pendidikan. TASYRI': Jurnal Tarbiyah Syari'ah Islamiyah, 24 (1). pp. 76-91. ISSN 2654-6132

[thumbnail of Uswatun Chasanah_jurnal_Ontologi, Epistemologi dan Aksiologi.pdf] Text
Uswatun Chasanah_jurnal_Ontologi, Epistemologi dan Aksiologi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (931kB)

Abstract

Tulisan ini mengkaji tentang filsafat pendidikan yang ruang lingkupnya meliputi ontologi, epistimologi dan aksiologi pendidikan. Ontologi pendidikan mengupas tentang hakikat pendidikan. Epistemologi pendidikan membahas tentang asal- usul atau sumber pendidikan, metode membangun pendidikan, unsur- unsur pendidikan, sasaran pendidikan, dan sebagainya. Sedangkan aksiologi pendidikan mengkaji tentang nilai guna dari pendidikan. Hakikat pendidikan adalah usaha sadar untuk membimbing dan mengembangkan potensi dan kepribadian serta kemampuan dasar peserta didik untuk menuju kepribadian luhur dan berakhlak mulia. Kebenaran pendidikan ditunjukkan pada output atau hasil seluruh rangkaian penyelenggaraan pendidikan menurut objek forma, metode, dan sistem, yaitu berupa kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual yang dimiliki peserta didik. Pendidikan sebagai disiplin ilmu pengetahun yang bersumber dari al-Quran dan hadith, maka pendidikan memiliki nilai-nilai yang diadopsi dari kedua sumber hukum agama tersebut; pendidikan harus mampu menjadikan manusia sebagai insan kamil yang berperan menjadi khalifah di muka bumi.

Item Type: Article
Creators:
Creators
Email
NIDN
Chasanah, Uswatun
uswatunchasanah@uinsby.ac.id
89878786
Uncontrolled Keywords: Ontologi, Epistimologi,dan Aksiologi Pendidikan
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: S.Pd.I Abdun Nashir
Date Deposited: 08 Jul 2022 07:25
Last Modified: 08 Jul 2022 07:55
URI: http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/2612

Actions (login required)

View Item
View Item