Proses interaksi berpikir siswa dalam pembelajaran kooperatif dengan metode Guided Discovery pada pokok bahasan segitiga dan segiempat kelas VII-A SMP Negeri 1 Kepanjen

Ningsih, Nita Eri Kristya and Sulandra, I Made and Yanti, Aning Wida (2013) Proses interaksi berpikir siswa dalam pembelajaran kooperatif dengan metode Guided Discovery pada pokok bahasan segitiga dan segiempat kelas VII-A SMP Negeri 1 Kepanjen. ANZDOC. pp. 1-15. ISSN -

[thumbnail of Aning Wida Yanti_Penggunaan Jurnal Reflektif pada Pembelajaran Matematika untuk Melatih Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa.pdf] Text
Aning Wida Yanti_Penggunaan Jurnal Reflektif pada Pembelajaran Matematika untuk Melatih Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa.pdf

Download (578kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses interaksi berpikir siswa dalam pembelajaran kooperatif dengan model guided discovery pada pokok bahasan segitiga dan segiempat. Subyek penelitian adalah 4 siswa kelas VII-A yang memiliki kemampuan heterogen. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Dari tiga pertemuan yang dilakukan dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dalam kegiatan pembelajaran terjadi proses interaksi berpikir multiarah antara siswa berkemampuan tinggi, siswa berkemampuan sedang dan siswa berkemampuan rendah dengan guru, kelompok kecil yang lain dan materi yang dilihat melalui interaksinya dengan LKS. Siswa berkemampuan tinggi sering melakukan tanya jawab dengan guru dan siswa lain dalam mengkonstruksi suatu pengetahuan, sering menggunakan suatu konsep dalam menyelesaikan permasalahan, sering menuliskan penyelesaian di LKS dengan tepat, sering menunjukkan kemampuan memecahkan masalah, dan kadang-kadang juga menanggapi kelompok lain ketika presentasi hasil diskusi. Siswa berkemampuan sedang cenderung seimbang antara bertanya dan menjawab pertanyaan, kadang-kadang menggunakan suatu konsep dalam menyelesaikan permasalahan, menunjukkan kemampuan memecahkan masalah, menuliskan penyelesaian di LKS dengan tepat, menanggapi kelompok lain ketika presentasi hasil diskusi. Sedangkan siswa berkemampuan rendah sering mengajukan pertanyaan mengenai sesuatu yang belum dimengerti, jarang menjawab pertanyaan dan menyampaikan pendapatnya, serta jarang menjawab pertanyaan guru, kadang-kadang menuliskan penyelesaian di LKS dengan tepat, menggunakan suatu konsep yang mudah dalam menyelesaikan permasalahan, dan menunjukkan kemampuan memecahkan masalah yang relatif mudah.

Item Type: Article
Creators:
Creators
Email
NIDN
Ningsih, Nita Eri Kristya
nita.kristya@yahoo.co.id
-
Sulandra, I Made
sulandraum@yahoo.co.id
-
Yanti, Aning Wida
aning.widayanti@yahoo.co.id
0007128007
Uncontrolled Keywords: Interaksi berpikir siswa; pembelajaran kooperatif; metode guided discovery
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics > 010101 Algebra and Number Theory
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics > 010111 Real and Complex Functions (incl. Several Variables)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Samidah Nurmayuni
Date Deposited: 22 Mar 2022 04:18
Last Modified: 22 Mar 2022 04:18
URI: http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/2223

Actions (login required)

View Item
View Item