Model peningkatan pendapatan masyarakat pedesaan dan pendampingan berbasis kotoran ternak Sapi sebagai lahan bisnis

Hakim, Ahmad Khairul and Mauludin, Muchammad F. and Hermanto, M. and Rokhim, Saiku (2019) Model peningkatan pendapatan masyarakat pedesaan dan pendampingan berbasis kotoran ternak Sapi sebagai lahan bisnis. Cakrawala: Jurnal Litbang Kebijakan, 13 (1). pp. 27-47. ISSN 1978-0354; 2622-013X

[thumbnail of Saiku Rokhim_jurnal_Model peningkatan pendapatan masyarakat pedesaan.pdf] Text
Saiku Rokhim_jurnal_Model peningkatan pendapatan masyarakat pedesaan.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (360kB)

Abstract

Kemiskinan di pedesaan dan perkotaan merupakan permasalahan utama yang harus segera diatasi. Kabupaten Tuban dan Bojonegoro merupakan dua kabupaten mempunyai permasalahan yang hampir sama yaitu tingkat kemiskinan yang tinggi di Jawa Timur. Oleh karenanya tujuan penelitian ini adalah menerapkan peningkatan pendapatan masyarakat pedesaan dan pendampingan berbasis kotoran ternak sapi yang digunakan sebagai media pembudidayaan cacing di Kabupaten Tuban dan Kabupaten Bojonegoro. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan yang dilaksanakan di dua lokasi di Jawa Timur, yaitu Desa Talun Kecamatan Montong Kabupaten Tuban dan Desa Sekaran Kecamatan Kasiman Kabupaten Bojonegoro. Kelompok sasaran adalah kelompok ternak di masing-masing wilayah. Data hasil penelitian yang terkumpul kemudian diolah dan dianalisis secara diskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan dan pendampingan berbasis kotoran ternak sapi yang digunakan sebagai media pembudidayaan cacing di Kabupaten Tuban dan Kabupaten Bojonegoro dikemas dalam bentuk FGD dan praktik pembudidayaan yang selanjutnya dilakukan observasi dan pendampingan secara intensif. Produk yang dihasilkan antara lain : cacing hidup, cacing kering, cacing bubuk, dan kascing. Adapun pemasaran pada hasil pembudidayaan cacing termasuk produk yang dihasilkan yaitu dengan menerapkan pemasaran melalui e-marketing. Kesimpulan yang didapat bahwa estimasi peningkatan pendapatan dari pembudidayaan cacing tanah dapat meningkatkan pendapatan 25% hingga 100% dari pendapatan sebelumnya.

Item Type: Article
Creators:
Creators
Email
NIDN
Hakim, Ahmad Khairul
-
-
Mauludin, Muchammad F.
-
-
Hermanto, M.
-
-
Rokhim, Saiku
saiku_rokhim_avicenna@yahoo.com
2021128601
Uncontrolled Keywords: E-marketing; pembudidayaan cacing; kotoran sapi; pendampingan masyarakat; dan peningkatan pendapatan
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140209 Industry Economics and Industrial Organisation
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Prodi Biologi
Depositing User: Abdun Nashir
Date Deposited: 24 Nov 2021 02:54
Last Modified: 24 Nov 2021 02:54
URI: http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/1841

Actions (login required)

View Item
View Item