Perubahan pola hubungan kiai dan santri pada masyarakat muslim tradisional pedesaan

Izzah, Iva Yulianti Umdatul (2021) Perubahan pola hubungan kiai dan santri pada masyarakat muslim tradisional pedesaan. The Sociology of Islam, 1 (2). pp. 31-48. ISSN 2774-2814 ; 2775-2143

[thumbnail of Yuliati Umdatul Izzah_ PERUBAHAN POLA HUBUNGAN KIAI DAN SANTRI PADA MASYARAKAT MUSLIM TRADISIONAL PEDESAAN.pdf] Text
Yuliati Umdatul Izzah_ PERUBAHAN POLA HUBUNGAN KIAI DAN SANTRI PADA MASYARAKAT MUSLIM TRADISIONAL PEDESAAN.pdf

Download (480kB)

Abstract

Dalam masyarakat muslim tradisional pedesaan, kiai memegang peranan yang amat penting dalam kehidupan masyarakat. Kiai, bagi masyarakat Islam tradisional di pedesaan merupakan pemimpin kharismatik, seorang yang dianggap panutan dan mempunyai kelebihan baik pengetahuan tentang agama Islam maupun kelebihan lainnya yang tidak dimiliki oleh orang biasa. Kiai sangat dihormati dan menjadi panutan bagi santri pada masyarakat muslim tradisional pedesaan. Tetapi kini, setelah banyak pembangunan yang dilakukan di pedesaan, seperti pembangunan lahan sawah menjadi pabrik atau perumahan, maka terjadi perubahan pola hubungan antara kiai dengan santri. Tulisan ini ingin menganalisis perubahan pola hubungan yang terjadi antara kiai dan santri tradisional di pedesaan akibat pembangunan disesuaikan dengan teori-teori yang ada.

Item Type: Article
Creators:
Creators
Email
NIDN
Izzah, Iva Yulianti Umdatul
ivayulianti@uinsby.ac.id
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: pesantren; kyai; perubahan sosial
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160801 Applied Sociology, Program Evaluation and Social Impact Assessment
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160803 Race and Ethnic Relations
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society
Divisions: Karya Ilmiah > Artikel
Depositing User: Imroatul Mufidah
Date Deposited: 20 Nov 2021 13:00
Last Modified: 22 Nov 2021 11:02
URI: http://repository.uinsby.ac.id/id/eprint/1801

Actions (login required)

View Item
View Item