Akselerasi Surabaya sebagai Kota Literasi melalaui Kuliah Kerja Nyata (KKN) Literasi Berbasis Pendekatan Asset Based Community Driven-Development (ABCD)

Rusydiyah, Evi Fatimatur and Rakhmawati, Rakhmawati and Farisia, Hernik and Kurniawan, Agus Prasetyo and Indarwati, Desy and Ahmad, Muhammad Syahru (2018) Akselerasi Surabaya sebagai Kota Literasi melalaui Kuliah Kerja Nyata (KKN) Literasi Berbasis Pendekatan Asset Based Community Driven-Development (ABCD). In: Annual Conference on Community Engagement, 26-28 Oktober 2018, Surabaya - Indonesia.

[thumbnail of Evi Fatimatur Rusydiyah dkk_Akselerasi Surabaya Sebagai Kota Literasi.pdf] Text
Evi Fatimatur Rusydiyah dkk_Akselerasi Surabaya Sebagai Kota Literasi.pdf

Download (3MB)

Abstract

Universitas Islam Negeri Sunan Ampel sebagai universitas yang mempunyai fungsi dan tanggung jawab untuk berkiprah di masyarakat dan memanfaatkan aset yang dimiliki salah satunya Sumber Daya Manusia untuk melaksanakan program kampus dengan menjalin kemitraan dengan berbagai pihak baik itu pemerintah maupun komunitas masyarakat secara luas. Pencanangan program Surabaya sebagai kota literasi direspon positif UIN sunan Ampel melalui program KKN literasi berbasis ABCD dengan melibatkan peran serta mahasiswa, dosen, pemerintah dan masyarakat yang menfokuskan pada percepatan gerakan literasi (akseliterasi). Penelitian ini memaparkan bagaimana bentuk partnership, implememtasi KKN literasi serta model pendampingan yang telah dilakukan. Desain penelitian menggunakan deskrptif kualitatif dengan instrument observasi dan surveymonkey pelaksanaan KKN Literasi tahun 2017/2018. Hasil penelitian menunjukkan bentuk parternship dilakukan dengan menjalin kemitraan dengan Dinas perpustakaan dan kearsipan kota Surabaya, Kementrian Agama, Madrasah, Taman Baca Masyarakat di Surabaya dengan memaksimalakan aset dan potensi bersama-sama untuk percepatan Surabaya sebagai kota literasi. Implementasi KKN literasi yang sudah dilaksanakan selama 6 bulan selama 34 pertemuan dengan pendampingan revitalisasi perpustakaan dan mendukung program literasi yang ada Madrasah dan Taman Baca Masyarakat. Sedangkan model Pendampingan yang dilakukan melalaui beberapa tahap yaitu tahap inkulturasi, discovery, desain, define dan refleksi. Implementasi KKN literasi melalui pendekatan ABCD yang dilakukan oleh UIN Sunan Ampel sebagai perwujudan peran universitas dalam bidang pengabdian masyarakat untuk percepatan Surabaya bertranformasi menjadi kota literasi.

Item Type: Conference or Workshop Item (Speech)
Creators:
Creators
Email
NIDN
Rusydiyah, Evi Fatimatur
evifatimatur@uinsby.ac.id
2027127301
Rakhmawati, Rakhmawati
rakhmawati@uinsby.ac.id
UNSPECIFIED
Farisia, Hernik
hernikfarisia@uinsby.ac.id
UNSPECIFIED
Kurniawan, Agus Prasetyo
sugaghost@gmail.com
UNSPECIFIED
Indarwati, Desy
desyindarwati@uinsby.ac.id
UNSPECIFIED
Ahmad, Muhammad Syahru
Syahruahmad@uinsby.ac.id
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Akselerasi; KKN literasi; partnership; model pendampingan; pendekatan ABCD
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management)
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160805 Social Change
Divisions: Karya Ilmiah > Conference
Depositing User: Hary Supriyatno
Date Deposited: 02 Nov 2021 04:43
Last Modified: 02 Nov 2021 04:43
URI: http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/1700

Actions (login required)

View Item
View Item