Tipologi Tafsir Maudui di Indonesia

Djalal, Abdul and Iwanebel, Feirian Yazdajird and Yardho, Moh. Tipologi Tafsir Maudui di Indonesia. Other thesis, UNSPECIFIED.

[thumbnail of Abdul Djalal_Penelitian Tipologi Tafsir Maudhui.pdf] Text
Abdul Djalal_Penelitian Tipologi Tafsir Maudhui.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini pada akhirnya hendak melakukan tipologi dari produk-produk penafsiran Alquran di Indonesia yang menggunakan kerangka tematik dalam metodenya. Dengan menggunakan telaah deskriptif analitis serta meliabtkan kacamata hermeneutis, penelitian ini menemukan beberapa temuan. Pertama, bahwa genealogi tafsir maudhu’i di Indonesia berpijak secara konseptual pada gagasan tafsir yang bermula dari Mesir. Agency yang cukup berperan dalam proses diseminasi dan pengembangan model tafsir ini dalam konteks Indonesia adalah Quraish Shihab, baik melalui karya tafsirnya, maupun melalui model pembelajaran di instansi Pendidikan tinggi. Kedua, bahwa konsep authorship (kepengarangan) dalam tafsir maudhu’i memiliki problematika yang cukup unik. Model-model penafsiran maudhu’i sepertinya banyak didominasi oleh kalangan akademisi. Hal itu terlihat dari 20 objek material penelitian, semuanya memiliki latar belakang sebagai akademisi. Ketiga, dalma konstruksi penafsiran, tafsir maudhu’i, sebagaimana nampak dalam karya-karya orang Indonesia, terekspresikan dalam berbagai model, seperti buku, artikel, disertasi, dan tulisan lepas seperti esai. Dalam konteks ini, kita bisa menggarisbawahi adanya pergeseran paradigma (shifting paradigm) dalam model penafsiran, sekaligus menggeser wacana sakralitas penafsiran al-Qur’an. Tafsir al-Qur’an yang dulu lekat dengan “kaum elit” agamawan, kini bisa ditemukan dalam lembaran-lembaran artikel dan tulisan lepas yang ditulis oleh kalangan akademisi, yang bahkan notabenenya bukan sebagai agamawan (baca: ulama). Keempat, bahwa model penafsiran maudhu’i di Indonesia banyak yang lebih mengedepankan logika penafsiran (reader logic) daripada logika Alquran (textual logic). Alquran disesuaikan dengan isu-isu yang bergeliat dalam alam pemikiran penafsir. Sehingga struktur penafsiran lebih didominasi oleh refleksi penafsir terhadap ayat-ayat al-Qur’an yang terkait dengan topik tersebut. Ayat tidak dikerangkakan dalam kronologinya, namun ditempatkan pada alur dan logika pengarang. Tipologi inilah yang nampak dari produk-produk penafsiran maudhu’i yang ada di Indonesia.

Item Type: Thesis (Other)
Creators:
Creators
Email
NIDN
Djalal, Abdul
a_djalal@yahoo.co.id
UNSPECIFIED
Iwanebel, Feirian Yazdajird
iwanebel@uinsa.ac.id
UNSPECIFIED
Yardho, Moh.
myardho@gmail.com
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Tafsir maudhui; tipologi; Textual and Reader Logic; authorship
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220402 Comparative Religious Studies
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Prodi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Ummi Rodliyah
Date Deposited: 27 Oct 2020 16:38
Last Modified: 27 Aug 2021 20:23
URI: http://repository.uinsby.ac.id/id/eprint/16

Actions (login required)

View Item
View Item