تعليم اللغة العربية في ضوء مواجهة تحديات العولمة وتلبية متطلباتها: منهجا وسياسة

Nasaruddin, Nasaruddin (2010) تعليم اللغة العربية في ضوء مواجهة تحديات العولمة وتلبية متطلباتها: منهجا وسياسة. Al-Arabiyyah Li Annathiqin Bighayriha, 10. pp. 139-158. ISSN 1858-5221

[thumbnail of Nasaruddin_تعليم اللغة العربية في ضوء مواجهة تحديات العولمة وتلبية متطلباتها منهجا وسياسة.pdf] Text
Nasaruddin_تعليم اللغة العربية في ضوء مواجهة تحديات العولمة وتلبية متطلباتها منهجا وسياسة.pdf

Download (786kB)

Abstract

Makalah ini membahas fenomena globalisasi bahasa dan pengaruhnya terhadap bahasa Arab dan pembelajarannya. Di samping itu juga membahas strategi-strategi bidang kurikulum dan politik bahasa yang mungkin diambil dalam dunia pembelajaran bahasa Arab guna memanfaatkan fenomena globalisasi dan mengatasi tantangan-tantangan yang menyertainya. Hal ini sangat urgen mengingat bahasa Arab adalah bahasa dunia yang dipakai oleh masyarakat internasional dalam segala aspek kehidupan dan oleh karenanya tidak bisa menghindar dari setiap dinamika globalisasi. Selain itu, sebagai bahasa Asing bahasa Arab harus diajarkan melalui sistem pembelajaran yang bersandar pada politik pembelajaran bahasa yang kuat dan mapan agar bisa bersaing dengan bahasa-bahasa asing lain yang juga memanfaatkan globalisasi untuk kepentingannya. Di samping itu, globalisasi sendiri dapat menjadi ancaman tersendiri bagi eksistensi sebuah bahasa terutama bahasa Arab sebagai bahasa asing. Karena selain menyediakan berbagai media yang akan membuat sebuah bahasa semakain populer dan mendunia, pada saat yang sama globalisasi juga bisa menjauhkan sebuah bahasa dari para penuturnya karena ia menggiring manusia modern untuk berkomunikasi dengan bahasa yang lebih dominan dalam dunia globalisasi dan bukan dengan bahasa dimana mereka lahir dan tumbuh.

Item Type: Article
Creators:
Creators
Email
NIDN
Nasaruddin, Nasaruddin
nasaruddin@uinsby.ac.id
2009097501
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran; metode
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021406 al-Lughah al-'Arabiyyah li Aghradh al-Khash (Arabic for Specific Purposes)
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Abdun Nashir
Date Deposited: 15 Oct 2021 09:00
Last Modified: 15 Oct 2021 09:00
URI: http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/1527

Actions (login required)

View Item
View Item